| 1. |
Ketentuan dalam Lampiran angka I mengenai Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berasal dari Pelayanan Jasa Hukum diubah sehingga berbunyi sebagai berikut:
| JENIS PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK |
SATUAN |
TARIF |
| I.PELAYANAN JASA HUKUM |
|
|
| A.BADAN HUKUM |
|
|
| 1. Persetujuan Pemakaian Nama Perseroan |
Per Persetujuan |
Rp 200.000,00 |
| 2. Pengesahan Badan Hukum Perseroan |
Per Permohonan |
Rp 1.000.000,00 |
| 3. Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perseroan |
Per Permohonan |
Rp 1.000.000,00 |
| 4. Informasi Tentang Data Perseroan dalam Daftar Perseroan |
Per Permohonan Per Perseroan |
Rp 500.000,00 |
| 5. Pemberian Salinan Keputusan Menteri Mengenai Pengesahan Badan Hukum Perseroan yang Hilang atau Rusak |
Per Surat Keputusan |
Rp 1.000.000,00 |
| 6. Pemberian Salinan Keputusan Menteri Mengenai Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perseroan yang Hilang atau Rusak |
Per Surat Keputusan |
Rp 1.000.000,00 |
| 7. Pencarian/unduh (search/download) data Perseroan Secara Online |
Per Pencarian |
Rp 50.000,00 |
| 8. Pengesahan Akta Pendirian Perkumpulan |
Per Permohonan |
Rp 250.000,00 |
| 9. Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perkumpulan |
Per Permohonan |
Rp 250.000,00 |
10. Pemberian Salinan Keputusan Menteri Mengenai Pengesahan perkumpulan yang Hilang atau Rusak |
per Surat Keputusan |
Rp 250.000,00 |
| 11. Pemberian Salinan Keputusan Menteri Mengenai Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perkumpulan yang Hilang atau Rusak |
Per Surat Keputusan |
Rp 250.000,00 |
| 12. Persetujuan Pemakaian Nama Yayasan |
Per Persetujuan |
Rp 100.000,00 |
| 13. Pengesahan Akta Pendirian Yayasan |
Per Permohonan |
Rp 250.000,00 |
| 14. Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Yayasan |
Per Permohonan |
Rp 250.000,00 |
| 15. Pemberitahuan Perubahan Anggaran Dasar Yayasan |
Per Permohonan |
Rp 100.000,00 |
| 16. Pemberian Salinan Keputusan Menteri Mengenai Pengesahan Yayasan yang Hilang atau Rusak |
Per Surat Keputusan |
Rp 250.000,00 |
| 17. Pemberian Salinan Keputusan Menteri Mengenai Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Yayasan yang Hilang atau Rusak |
Per Surat Keputusan |
Rp 250.000,00 |
| 18. Pencarian/unduh (search/download) data Yayasan Secara Online |
Per Pencarian |
Rp 50.000,00 |
| B.PERDATA UMUM |
|
|
| 1. Pemberian Salinan Keputusan Menteri yang Berkaitan dengan Hukum Perorangan yaitu Perizinan, Perubahan atau Penambahan Nama Keluarga yang Hilang atau Rusak |
Per Surat Keputusan |
Rp 150.000,00 |
| 2. Legalisasi Tanda Tangan yang Tercantum dalam Dokumen |
Per Dokumen |
Rp 25.000,00 |
| 3. Persetujuan Penggunaan Ahli Hukum Warga Negara Asing yang Dipekerjakan pada Kantor Konsultan Hukum Indonesia |
Per Orang Per Tahun |
Rp 1.000.000,00 |
| 4. Persetujuan Perpanjangan Penggunaan Ahli Hukum Warga Negara Asing yang Dipekerjakan pada Kantor Konsultan Hukum Indonesia |
Per Orang Per Tahun |
Rp 1.000.000,00 |
| C.NOTARIAT |
|
|
| 1. Pengangkatan Notaris |
|
|
| a. Provinsi DKI Jakarta |
|
|
| 1) Kota Administrasi Jakarta Selatan |
Per Orang |
Rp 100.000.000,00 |
| 2) Kota Administrasi Jakarta Barat |
Per Orang |
Rp 100.000.000,00 |
| 3) Kota Administrasi Jakarta Pusat |
Per Orang |
Rp 100.000.000,00 |
| 4) Kota Administrasi Jakarta Utara |
Per Orang |
Rp 100.000.000,00 |
| 5) Kota Administrasi Jakarta Timur |
Per Orang |
Rp 100.000.000,00 |
| b. Provinsi Jawa Barat |
|
|
| 1) Kota Bandung |
Per Orang |
Rp 50.000.000,00 |
| 2) Kota Bekasi |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 3) Kabupaten Bekasi |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 4) Kota Depok |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 5) Kota Bogor |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 6) Kabupaten Bogor |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| c. Provinsi Banten |
|
|
| 1) Kota Tangerang |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 2) Kota Tangerang Selatan |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 3) Kabupaten Tangerang |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| d. Provinsi Jawa Timur |
|
|
| 1) Kota Surabaya |
Per Orang |
Rp 50.000.000,00 |
| 2) Kabupaten Sidoarjo |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| e. Provinsi DI Yogyakarta |
|
|
| 1) Kota Yogyakarta |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 2) Kabupaten Sleman |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 3) Kabupaten Bantul |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| f. Provinsi Jawa Tengah |
|
|
| 1) Kota Semarang |
Per Orang |
Rp 50.000.000,00 |
| 2) Kota Surakarta |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| g. Provinsi Sumatera Utara |
|
|
| 1) Kota Medan |
Per Orang |
Rp 50.000.000,00 |
| 2) Kabupaten Deli Serdang |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| h. Provinsi Sulawesi Selatan |
|
|
| 1) Kota Makassar |
Per Orang |
Rp 50.000.000,00 |
| 2) Kabupaten Gowa |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| i. Kota Batam |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| j. Kota Pekanbaru |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| k. Provinsi Bali |
|
|
| 1) Kota Denpasar |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 2) Kabupaten Badung |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 3) Kabupaten Gianyar |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 2. Pengangkatan Notaris dengan Wilayah Kerja di Luar Kota-Kota yang Tersebut dalam Huruf a sampai dengan Huruf k |
Per Orang |
Rp 1.000.000,00 |
| 3. Pengangkatan Notaris Pindahan |
|
|
| a. Provinsi DKI Jakarta |
|
|
| 1) Kota Administrasi Jakarta Selatan |
Per Orang |
Rp 100.000.000,00 |
| 2) Kota Administrasi Jakarta Barat |
Per Orang |
Rp 100.000.000,00 |
| 3) Kota Administrasi Jakarta Pusat |
Per Orang |
Rp 100.000.000,00 |
| 4) Kota Administrasi Jakarta Utara |
Per Orang |
Rp 100.000.000,00 |
| 5) Kota Administrasi Jakarta Timur |
Per Orang |
Rp 100.000.000,00 |
| b. Provinsi Jawa Barat |
|
|
| 1) Kota Bandung |
Per Orang |
Rp 50.000.000,00 |
| 2) Kota Bekasi |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 3) Kabupaten Bekasi |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 4) Kota Depok |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 5) Kota Bogor |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 6) Kabupaten Bogor |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| c. Provinsi Banten |
|
|
| 1) Kota Tangerang |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 2) Kota Tangerang Selatan |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 3) Kabupaten Tangerang |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| d. Provinsi Jawa Timur |
|
|
| 1) Kota Surabaya |
Per Orang |
Rp 50.000.000,00 |
| 2) Kabupaten Sidoarjo |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| e. Provinsi DI Yogyakarta |
|
|
| 1) Kota Yogyakarta |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 2) Kabupaten Sleman |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 3) Kabupaten Bantul |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| f. Provinsi Jawa Tengah |
|
|
| 1) Kota Semarang |
Per Orang |
Rp 50.000.000,00 |
| 2) Kota Surakarta |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| g. Provinsi Sumatera Utara |
|
|
| 1) Kota Medan |
Per Orang |
Rp 50.000.000,00 |
| 2) Kabupaten Deli Serdang |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| h. Provinsi Sulawesi Selatan |
|
|
| 1) Kota Makassar |
Per Orang |
Rp 50.000.000,00 |
| 2) Kabupaten Gowa |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| i. Kota Batam |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| j. Kota Pekanbaru |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| k.Provinsi Bali |
|
|
| 1) Kota Denpasar |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 2) Kabupaten Badung |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 3) Kabupaten Gianyar |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 4. Pengangkatan Notaris Pindahan dengan Wilayah Kerja di Luar Kota-Kota yang Tersebut dalam Huruf a sampai dengan Huruf k |
Per Orang |
Rp 1.500.000,00 |
| 5. Pemberian Penggantian Surat Keputusan Menteri Tentang Pengangkatan Notaris Karena Hilang Atau Rusak |
Per Orang |
Rp 1.000.000,00 |
| 6. Perpanjangan Masa Jabatan Notaris |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| a. Provinsi DKI Jakarta |
|
|
| 1) Kota Administrasi Jakarta Selatan |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 2) Kota Administrasi Jakarta Barat |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 3) Kota Administrasi Jakarta Pusat |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 4) Kota Administrasi Jakarta Utara |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 5) Kota Administrasi Jakarta Timur |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| b. Provinsi Jawa Barat |
|
|
| 1) Kota Bandung |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 2) Kota Bekasi |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| 3) Kabupaten Bekasi |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| 4) Kota Depok |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| 5) Kota Bogor |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| 6) Kabupaten Bogor |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| c. Provinsi Banten |
|
|
| 1) Kota Tangerang |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| 2) Kota Tangerang Selatan |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| 3) Kabupaten Tangerang |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| d. Provinsi Jawa Timur |
|
|
| 1) Kota Surabaya |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| 2) Kabupaten Sidoarjo |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| e. Provinsi DI Yogyakarta |
|
|
| 1) Kota Yogyakarta |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| 2) Kabupaten Sleman |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| 3) Kabupaten Bantul |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| f. Provinsi Jawa Tengah |
|
|
| 1) Kota Semarang |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 2) Kota Surakarta |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| g. Provinsi Sumatera Utara |
|
|
| 1) Kota Medan |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 2) Kabupaten Deli Serdang |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| h. Provinsi Sulawesi Selatan |
|
|
| 1) Kota Makassar |
Per Orang |
Rp 25.000.000,00 |
| 2) Kabupaten Gowa |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| i. Kota Batam |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| j. Kota Pekanbaru |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| k.Provinsi Bali |
|
|
| 1) Kota Denpasar |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| 2) Kabupaten Badung |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| 3) Kabupaten Gianyar |
Per Orang |
Rp 15.000.000,00 |
| 7. Perpanjangan Masa Jabatan Notaris dengan Wilayah Kerja di Luar Kota-Kota yang Tersebut dalam Huruf a sampai dengan Huruf k |
Per Orang |
Rp 7.500.000,00 |
| 8. Persetujuan Perubahan Data (Nama, Gelar, dan Alamat Kantor) Notaris |
Per Orang |
Rp 250.000,00 |
| 9. Pelantikan dan Penyumpahan Notaris Baru/Notaris Pengganti |
Per Orang |
Rp 2.500.000,00 |
| 10. Pelantikan dan Penyumpahan Notaris Pindahan |
Per Orang |
Rp 2.500.000,00 |
| 11. Penerbitan Sertifikat Blanko Cuti Jabatan Notaris |
Per Orang |
Rp 250.000,00 |
| 12. Pencarian/unduh (search/download) data Protokol Notaris Secara Online |
Per Pencarian |
Rp 50.000,00 |
| D. HARTA PENINGGALAN |
|
|
| 1. Pendaftaran Wasiat Secara Online |
Per Pendaftaran |
Rp 100.000,00 |
| 2. Pemberian Surat Keterangan Surat Wasiat |
Per Surat Keterangan Wasiat |
Rp 250.000,00 |
| 3. Pemberian Tanda Terdaftar Sebagai Kurator dan Pengurus |
Per Orang Per 5 Tahun |
Rp 5.000.000,00 |
| 4. Persetujuan Perpanjangan Tanda Terdaftar Sebagai Kurator dan Pengurus |
Per Orang Per 5 Tahun |
Rp 10.000.000,00 |
| 5. Pemberian Salinan Tanda Terdaftar Sebagai Kurator dan Pengurus yang Hilang atau Rusak |
Per Orang |
Rp 5.000.000,00 |
| E. FIDUSIA |
|
|
| 1. Pendaftaran Jaminan Fidusia |
|
|
| a. Untuk Nilai Penjaminan sampai dengan Rp50.000.000,00 (Lima Puluh Juta Rupiah) |
Per Akta |
Rp 50.000,00 |
| b. Untuk Nilai Penjaminan di Atas Rp50.000.000,00 (Lima Puluh Juta Rupiah) sampai dengan Rp100.000.000,00 (Seratus Juta Rupiah) |
Per Akta |
Rp 100.000,00 |
| c. Untuk Nilai Penjaminan di Atas Rp100.000.000,00 (Seratus Juta Rupiah) sampai dengan Rp250.000.000,00 (Dua Ratus Lima Puluh Juta Rupiah) |
Per Akta |
Rp 200.000,00 |
| d. Untuk Nilai Penjaminan di Atas Rp250.000.000,00 (Dua Ratus Lima Puluh Juta Rupiah) sampai dengan Rp500.000.000,00 (Lima Ratus Juta Rupiah) |
Per Akta |
Rp 400.000,00 |
| e. Untuk Nilai Penjaminan di Atas Rp500.000.000,00 (Lima Ratus Juta Rupiah) sampai dengan Rp1.000.000.000,00 (Satu Miliar Rupiah) |
Per Akta |
Rp 800.000,00 |
| f. Untuk Penjaminan di Atas Rp1.000.000.000,00 (Satu Milyar Rupiah) sampai dengan Rp100.000.000.000,00 (Seratus Miliar Rupiah) |
Per Akta |
Rp 1.600.000,00 |
| g. Untuk Penjaminan di Atas Rp100.000.000.000,00 (Seratus Miliar Rupiah) sampai dengan Rp500.000.000.000,00 (Lima Ratus Miliar Rupiah). |
Per Akta |
Rp 3.200.000,00 |
| h. Untuk Penjaminan di Atas Rp500.000.000.000,00 (Lima Ratus Miliar Rupiah) sampai dengan Rp1.000.000.000.000,00 (Satu Triliun Rupiah) |
Per Akta |
Rp 6.400.000,00 |
| i. Untuk Penjaminan di Atas Rp1.000.000.000.000,00 (Satu Triliun Rupiah) |
Per Akta |
Rp 12.800.000,00 |
| 2. Permohonan Perubahan Hal yang Tercantum dalam Sertifikat Jaminan Fidusia. |
Per Permohonan |
Rp 200.000,00 |
| 3. Pencarian/unduh (search/download) data Fidusia Secara Online |
Per Pencarian |
Rp 50.000,00 |
| F. PENGAMBILAN SIDIK JARI UNTUK DIRUMUS |
|
|
| 1. Pemberian Keterangan Rumusan dan Identifikasi Sidik Jari Secara Elektronik atau Non Elektronik |
Per Orang |
Rp 50.000,00 |
| 2. Permintaan Perumusan Sidik Jari yang Insidentil |
Per Orang |
Rp 50.000,00 |
| G. PARTAI POLITIK |
|
|
| 1. Pengesahan Badan Hukum Partai Politik |
Per Permohonan |
Rp 50.000.000,00 |
| 2. Perubahan Kepengurusan Partai Politik |
Per Permohonan |
Rp 5.000.000,00 |
| 3. Perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Badan Hukum Partai Politik |
Per Permohonan |
Rp 5.000.000,00 |
| 4. Pemberian Salinan Keputusan Menteri Mengenai Pengesahan Badan Hukum Partai Politik yang Hilang atau Rusak |
Per Permohonan |
Rp 5.000.000,00 |
| 5. Pemberian Salinan Keputusan Menteri Mengenai Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah Tangga Badan Hukum Partai Politik yang Hilang atau Rusak |
Per Permohonan |
Rp 5.000.000,00 |
| 6. Pencarian/unduh (search/download) data Pengurus Partai Politik Secara Online |
Per Pencarian |
Rp 50.000,00 |
| H. KEWARGANEGARAAN |
|
|
| 1. Pewarganegaraan/Naturalisasi Berdasarkan Permohonan Warga Negara Asing |
Per Permohonan |
Rp 50.000.000,00 |
| 2. Pewarganegaraan Berdasarkan Perkawinan |
Per Permohonan |
Rp 2.500.000,00 |
| 3. Pemberian Salinan Keputusan Menteri Mengenai Pewarganegaraan Berdasarkan Perkawinan yang Salinannya Rusak atau Hilang |
Per Permohonan |
Rp 1.000.000,00 |
| 4. Permohonan untuk Memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia Bagi Anak Berdasarkan Perkawinan Campuran |
Per Permohonan |
Rp 1.000.000,00 |
| 5. Permohonan Salinan Keputusan Menteri Mengenai Kewarganegaraan Republik Indonesia Bagi Anak Berdasarkan Perkawinan Campuran |
Per Permohonan |
Rp 1.000.000,00 |
| 6. Pewarganegaraan Bagi Orang Asing yang Telah Berjasa Kepada Negara atau Dengan Alasan untuk Kepentingan Negara |
Per Permohonan |
Rp 2.500.000,00 |
| 7. Permohonan Memilih Kewarganegaraan RI Bagi Anak Berkewarganegaraan Ganda |
Per Permohonan |
Rp 1.000.000,00 |
| 8. Permohonan Salinan Keputusan Menteri tentang Menyatakan Memilih Kewarganegaraan Bagi Anak Berkewarganegaraan Ganda |
Per Permohonan |
Rp 1.000.000,00 |
| 9. Permohonan Memperoleh Kembali Kewarganegaraan Indonesia |
Per Permohonan |
Rp 750.000,00 |
| 10. Permohonan Salinan Keputusan Menteri tentang Memperoleh Kembali Kewarganegaraan Indonesia |
Per Permohonan |
Rp 1.000.000,00 |
| 11. Surat Keterangan tentang Kehilangan Kewarganegaraan Indonesia |
Per Permohonan |
Rp 500.000,00 |
| 12. Pencarian/unduh (search/download) data Kewarganegaraan Secara Online |
Per Pencarian |
Rp 50.000,00 |
| I. PENCARIAN/UNDUH (SEARCH/DOWNLOAD) DATA PPNS SECARA ONLINE |
Per Pencarian |
Rp 50.000,00 |
|
| 2. |
Ketentuan dalam Lampiran angka IV mengenai Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berasal dari Pelayanan Keimigrasian diubah sehingga berbunyi sebagai berikut:
| JENIS PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK |
SATUAN |
TARIF |
| IV. PELAYANAN KEIMIGRASIAN |
|
|
| A. DOKUMEN PERJALANAN REPUBLIK INDONESIA |
|
|
| 1. Paspor Biasa 48 Halaman untuk WNI |
Per Buku |
Rp 300.000,00 |
| 2. Paspor Biasa Elektronis (E-Passport) 48 Halaman untuk WNI |
Per Buku |
Rp 600.000,00 |
| 3. Paspor Biasa 24 Halaman untuk WNI |
Per Buku |
Rp 100.000,00 |
| 4. Paspor Biasa Elektronis (E-Passport) 24 Halaman untuk WNI. |
Per Buku |
Rp 350.000,00 |
| 5. Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk WNI Perorangan |
Per Buku |
Rp 50.000,00 |
| 6. Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk WNI Dua Orang atau Lebih. |
Per Buku |
Rp 100.000,00 |
| 7. Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk Orang Asing |
Per Buku |
Rp 100.000,00 |
| 8. Paspor Biasa 24 Halaman Pengganti yang Hilang yang Masih Berlaku. |
Per Buku |
Rp 200.000,00 |
| 9. Paspor Biasa 24 Halaman Pengganti yang Rusak yang Masih Berlaku. |
Per Buku |
Rp 100.000,00 |
| 10. Paspor Biasa Elektronis (E-Passport) 24 Halaman Pengganti yang Hilang yang Masih Berlaku. |
Per Buku |
Rp 800.000,00 |
| 11. Paspor Biasa Elektronis (E-Passport) 24 Halaman Pengganti yang Rusak yang Masih Berlaku. |
Per Buku |
Rp 350.000,00 |
| 12. Paspor Biasa 48 Halaman Pengganti yang Hilang yang Masih Berlaku. |
Per Buku |
Rp 600.000,00 |
| 13. Paspor Biasa 48 Halaman Pengganti yang Rusak yang Masih Berlaku. |
Per Buku |
Rp 300.000,00 |
| 14. Paspor Biasa Elektronis (E-Passport) 48 Halaman Pengganti yang Hilang yang Masih Berlaku. |
Per Buku |
Rp 1.200.000,00 |
| 15. Paspor Biasa Elektronis (E-Passport) 48 Halaman Pengganti yang Rusak yang Masih Berlaku. |
Per Buku |
Rp 600.000,00 |
| 16. Paspor Biasa 24 Halaman Pengganti yang Hilang/Rusak yang Masih Berlaku Disebabkan Karena Bencana Alam dan Awak Kapal yang Kapalnya Tenggelam. |
Per Buku |
Rp 100.000,00 |
| 17. Paspor Biasa Elektronis (E-Passport) 24 Halaman Pengganti yang Hilang/Rusak yang Masih Berlaku Disebabkan Karena Bencana Alam dan Awak Kapal yang Kapalnya Tenggelam |
Per Buku |
Rp 350.000,00 |
| 18. Paspor Biasa 48 Halaman Pengganti yang Hilang/Rusak yang Masih Berlaku Disebabkan Karena Bencana Alam dan Awak Kapal yang Kapalnya Tenggelam |
Per Buku |
Rp 300.000,00 |
| 19. Paspor Biasa Elektronis (E-Passport) 48 Halaman Pengganti Yang Hilang/Rusak yang Masih Berlaku Disebabkan Karena Bencana Alam dan Awak Kapal yang Kapalnya Tenggelam |
Per Buku |
Rp 600.000,00 |
| 20. Pas Lintas Batas Perorangan |
Per Buku |
Rp 0,00 |
| 21. Pas Lintas Batas Keluarga |
Per Buku |
Rp 0,00 |
| B. VISA |
|
|
| 1. Visa Kunjungan |
Per Orang |
US$ 50.00 |
| 2. Visa Kunjungan Beberapa Kali Perjalanan Dihitung Per Tahun |
Per Orang |
US$ 110.00 |
| 3. Visa Kunjungan Saat Kedatangan |
|
|
| a. Masa Berlaku 7 (Tujuh ) Hari Khusus pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). |
Per Orang |
US$ 15.00 |
| b. 30 (Tiga Puluh) Hari. |
Per Orang |
US$ 35.00 |
| 4.Visa Tinggal Terbatas. |
|
|
| a. Paling Lama 6 (Enam) Bulan |
Per Orang |
US$ 55.00 |
| b. 1 (Satu) Tahun |
Per Orang |
US$ 105.00 |
| c. 2 (Dua) Tahun |
Per Orang |
US$ 180.00 |
| 5.Visa Tinggal Terbatas Saat Kedatangan untuk 30 (Tiga Puluh) Hari |
Per Orang |
Rp 700.000,00 |
| 6. Kawat Persetujuan Visa ke Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri |
Per Orang |
Rp 100.000,00 |
| C. IZIN KEIMIGRASIAN |
|
|
| 1. Izin Kunjungan dan Perpanjangan Izin Kunjungan |
|
|
| a. Pemberian Izin Kunjungan |
Per Orang |
Rp 300.000,00 |
| b. Setiap Kali Perpanjangan Izin Kunjungan |
Per Orang |
Rp 300.000,00 |
| 2. Izin Tinggal Terbatas |
|
|
| a. Saat Kedatangan |
Per Orang |
Rp 450.000,00 |
| b. Izin Tinggal Terbatas Non Elektronik Masa Berlaku Paling Lama 6 (Enam) Bulan |
Per Orang |
Rp 450.000,00 |
| c. Izin Tinggal Terbatas Elektronik (E-KITAS) Masa Berlaku Paling Lama 6 (Enam) Bulan |
Per Orang |
Rp 650.000,00 |
| d. Izin Tinggal Terbatas Non Elektronik Masa Berlaku Paling Lama 1 (Satu) Tahun |
Per Orang |
Rp 800.000,00 |
| e. Izin Tinggal Terbatas Elektronik (E-KITAS) Masa Berlaku Paling Lama 1 (Satu) Tahun |
Per Orang |
Rp 1.000.000,00 |
| f. Izin Tinggal Terbatas Non Elektronik Masa Berlaku Paling Lama 2 (Dua ) Tahun |
Per Orang |
Rp 1.400.000,00 |
| g. Izin Tinggal Terbatas Elektronik (e-KITAS) masa berlaku paling lama 2 (dua ) tahun |
Per Orang |
Rp 1.600.000,00 |
| 3.Setiap Kali Perpanjangan Izin Tinggal Terbatas |
|
|
| a. Izin Tinggal Terbatas Non Elektronik Masa Berlaku Paling Lama 6 (Enam) Bulan |
Per Orang |
Rp 450.000,00 |
| b. Izin Tinggal Terbatas Elektronik (E-KITAS) Masa Berlaku Paling Lama 6 (Enam) Bulan |
Per Orang |
Rp 650.000,00 |
| c. Izin Tinggal Terbatas Non Elektronik Masa Berlaku Paling Lama 1 (Satu) Tahun |
Per Orang |
Rp 800.000,00 |
| d. Izin Tinggal Terbatas Elektronik (E-KITAS) Masa Berlaku Paling Lama 1 (Satu) Tahun |
Per Orang |
Rp 1.000.000,00 |
| e. Izin Tinggal Terbatas Non Elektronik Masa Berlaku Paling Lama 2 (Dua) Tahun |
Per Orang |
Rp 1.400.000,00 |
| f. Izin Tinggal Terbatas Elektronik (E-KITAS) Masa Berlaku Paling Lama 2 (Dua) Tahun |
Per Orang |
Rp 1.600.000,00 |
| 4.Penggantian Kartu Izin Tinggal Terbatas Karena Rusak atau Hilang dan Masih Berlaku |
|
|
| a.Izin Tinggal Terbatas Non Elektronik Masa Berlaku Paling Lama 6 (Enam) Bulan |
Per Orang |
Rp 900.000,00 |
| b.Izin Tinggal Terbatas Elektronik (E-KITAS) Masa Berlaku Paling Lama 6 (Enam) Bulan |
Per Orang |
Rp 1.100.000,00 |
| c.Izin Tinggal Terbatas Non Elektronik Masa Berlaku Paling Lama 1 (Satu) Tahun |
Per Orang |
Rp 1.800.000,00 |
| d.Izin Tinggal Terbatas Elektronik (E-KITAS) Masa Berlaku Paling Lama 1 (Satu) Tahun |
Per Orang |
Rp 2.000.000,00 |
| e.Izin Tinggal Terbatas Non Elektronik Masa Berlaku Paling Lama 2 (Dua) Tahun |
Per Orang |
Rp 2.800.000,00 |
| f.Izin Tinggal Terbatas Elektronik (E-KITAS) Masa Berlaku Paling Lama 2 (Dua) Tahun |
Per Orang |
Rp 3.000.000,00 |
| 5.Izin Tinggal Terbatas untuk Pekerja di Perairan Indonesia, Perpanjangan, Penggantian, dan Penambahan Masa Berlakunya |
Per Orang |
Rp 700.000,00 |
| 6. Teraan Pemberian Izin Tinggal Terbatas untuk Pekerja di Perairan Indonesia, Perpanjangan, Penggantian, dan Penambahan Masa Berlakunya Pada Kantor Imigrasi |
Per Orang |
Rp 150.000,00 |
| 7. Izin Tinggal Tetap Non Elektronik Masa Berlaku 5 (Lima) Tahun |
Per Orang |
Rp 3.500.000,00 |
| 8. Izin Tinggal Tetap Elektronik (E-KITAP) Masa Berlaku 5 (Lima) Tahun |
Per Orang |
Rp 3.700.000,00 |
| 9. Perpanjangan Izin Tinggal Tetap Non Elektronik untuk Jangka Waktu yang Tidak Terbatas. |
Per Orang |
Rp 10.000.000,00 |
| 10. Perpanjangan Izin Tinggal Tetap Elektronik (E-KITAP) untuk Jangka Waktu yang Tidak Terbatas. |
Per Orang |
Rp 10.200.000,00 |
| 11. Penggantian Izin Tinggal Tetap Non Elektronik Masa Berlaku 5 (Lima) Tahun Karena Rusak atau Hilang dan Masih Berlaku |
Per Orang |
Rp 1.500.000,00 |
| 12. Penggantian Izin Tinggal Tetap Elektronik (E-KITAP) Masa Berlaku 5 (Lima) Tahun Karena Rusak atau Hilang dan Masih Berlaku |
Per Orang |
Rp 1.700.000,00 |
| 13. Penggantian Izin Tinggal Tetap Non Elektronik Untuk Jangka Waktu yang Tidak Terbatas Karena Rusak atau Hilang |
Per Orang |
Rp 3.000.000,00 |
| 14. Penggantian Izin Tinggal Tetap Elektronik (E-KITAP) untuk Jangka Waktu yang Tidak Terbatas Karena Rusak atau Hilang |
Per Orang |
Rp 3.200.000,00 |
| D. IZIN MASUK KEMBALI (RE-ENTRY PERMIT) |
|
|
| 1. Izin masuk kembali untuk beberapa kali perjalanan tidak lebih dari 6 (enam) bulan. |
Per Orang |
Rp 600.000,00 |
| 2. Izin masuk kembali untuk beberapa kali perjalanan lebih dari 6 (enam) bulan dan tidak lebih dari 1 (satu) tahun. |
Per Orang |
Rp 1.000.000,00 |
| 3. Izin masuk kembali untuk beberapa kali perjalanan lebih dari 1 (satu) tahun dan tidak lebih dari 2 (dua) tahun. |
Per Orang |
Rp 1.750.000,00 |
| E. BIAYA BEBAN |
|
|
| 1. Orang Asing yang Berada di Wilayah Indonesia Melampaui Waktu Tidak Lebih Dari 60 (Enam Puluh) Hari Dari Izin Keimigrasian yang Diberikan, Dihitung Per Hari. |
Per Hari |
Rp 300.000,00 |
| 2. Penanggungjawab Alat Angkut yang Tidak Memenuhi Pasal 19 Ayat (4) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian |
Per Alat Angkut |
Rp 50.000.000,00 |
| F. SMART CARD |
Per Orang |
Rp 350.000,00 |
| G. KARTU PERJALANAN PEBISNIS ASIA PACIFIC ECONOMIC COOPERATION (KPP APEC)/APEC BUSINESS TRAVEL CARD (ABTC) |
Per Orang |
Rp 2.500.000,00 |
| H. KPP APEC PENGGANTI YANG HILANG/RUSAK YANG MASIH BERLAKU DISEBABKAN KARENA KELALAIAN |
Per Orang |
Rp 3.000.000,00 |
| I. FASILITAS KEIMIGRASIAN (AFFIDAVIT) BAGI ANAK BERKEWARGANEGARAAN GANDA NON ELEKTRONIK. |
Per Orang |
Rp 150.000,00 |
| J. FASILITAS KEIMIGRASIAN (AFFIDAVIT) BAGI ANAK BERKEWARGANEGARAAN GANDA ELEKTRONIK. |
Per Orang |
Rp 350.000,00 |
| K. SURAT KETERANGAN KEIMIGRASIAN |
Per Orang |
Rp 3.000.000,00 |
| L. JASA PENGGUNAAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEIMIGRASIAN |
Per Permohonan |
Rp 55.000,00 |
|